Members | Sign In
All Forums > RSIY
avatar

Alur UGD

posted Jun 23, 2010 12:44:42 by Widodo Wirawan
Pengertian:
Alur pelayanan medis bagi pasien yang masuk lewat pintu unit gawat darurat

Tujuan:
Agar pasien dapat ditangani secepat dan seoptimal mungkin

Kebijakan:
Penanganan pasien gawat darurat sesuai standar dan alur layanan yang teratur baik secara medis maupun administratif

Prosedur:
1. Pasien masuk ruang gawat darurat
2. Pengantar mendaftar ke bagian administrasi (front liner)
3. UGD menerima status pasien dari rekam medik dan map plastik merah
4. Paramedik dan dokter triase memeriksa kondisi pasien
5. Paramedik dan dokter melakukan tindakan yang diperlukan sesuai SPM emergensi
6. Dokter menjelaskan tindakan yang akan dilakukan dan disetujui oleh pasien/keluarga (informed consent)
7. Bila pasien menolak pemeriksaan dan atau tindakan (medik, penunjang, ranap), pasien/keluarga menandatangani surat penolakan
8. Pasien tanpa pengantar dan dalam kondisi tidak sadar, dokter atau paramedis berhak melakukan tindakan penyelamatan bila terdapat kondisi yang mengancam jiwa pasien
9. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang, dokter membuat pengantar ke unit terkait dan mengonfirmasi lewat telpon, pengambilan sampel laboratorium dilakukan di ruang gawat darurat, untuk pemeriksaan rontgen, paramedik mengantarkan pasien ke unit radiologi
10. Dokter mencatat hasil bacaan penunjang medik di dokumen RM dan salinannya tersimpan dalam dokumen RM
11. Dokter triase mencatat hasil pemeriksaan, diagnosis, dan terapi di lembar emergensi dokumen RM, serta menuliskan resep (berwarna merah), bila merupakan kasus kepolisian/kriminal dituliskan juga di lembar visum et repertum atas permintaan penyidik kepolisian
12. Dokter triase menentukan proses tindak lanjut pasien meliputi ralan, ranap, atau rujukan

Unit Terkait:
[Last edited Jun 23, 2010 16:27:32]
page   1
4 replies
avatar
Widodo Wirawan said Jun 23, 2010 15:39:03
Draft di atas kesepakatan pada pertemuan sebelumnya. Setelah saya lihat-lihat lagi perlu direvisi sebagai berikut:

Kebijakan : Penanganan pasien gawat darurat sesuai standar dan alur layanan yang teratur baik secara medis maupun administratif

Prosedur:
1. Pasien masuk ruang gawat darurat
2. Pengantar mendaftar ke bagian administrasi (front liner)
3. UGD menerima status pasien dari rekam medik dan map plastik merah
4. Paramedik dan dokter triase memeriksa kondisi pasien
5. Paramedik dan dokter melakukan tindakan yang diperlukan sesuai SPM emergensi
6. Dokter menjelaskan tindakan yang akan dilakukan dan disetujui oleh pasien/keluarga (informed consent)
7. Bila pasien menolak pemeriksaan dan atau tindakan (medik, penunjang, ranap), pasien/keluarga menandatangani surat penolakan
8. Pasien tanpa pengantar dan dalam kondisi tidak sadar, dokter atau paramedis berhak melakukan tindakan penyelamatan bila terdapat kondisi yang mengancam jiwa pasien
9. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang, dokter membuat pengantar ke unit terkait dan mengonfirmasi lewat telpon, pengambilan sampel laboratorium dilakukan di ruang gawat darurat, untuk pemeriksaan rontgen, paramedik mengantarkan pasien ke unit radiologi
10. Dokter mencatat hasil bacaan penunjang medik di dokumen RM dan salinannya tersimpan dalam dokumen RM
11. Dokter triase mencatat hasil pemeriksaan, diagnosis, dan terapi di lembar emergensi dokumen RM, serta menuliskan resep (berwarna merah), bila merupakan kasus kepolisian/kriminal dituliskan juga di lembar visum et repertum atas permintaan penyidik kepolisian
12. Dokter triase menentukan proses tindak lanjut pasien meliputi ralan, ranap, atau rujukan

Unit Terkait: Security, Administrasi, Perekam Medis, Perawat, Dokter, Laboran, Teknisi Radiologi
avatar
Widodo said Jun 23, 2010 22:32:01
tes
avatar
DefriPurmansyah said Oct 02, 2012 14:59:22
formulir RM UGD seperti apa ya..
avatar
Syatori said Oct 14, 2012 07:46:22
untuk alur pasien ugd gmn ya?
Login below to reply: